Menpan RB Tjahjo Izinkan PNS Punya Istri 4, Tapi Penuhi 1 Syarat Ini

RUANGGURU.MY.ID_Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo tak mempersoalkan pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) memiliki istri sampai 4 orang. Dia malah mengizinkannya, namun satu syaratnya harus dipenuhi.

Hal itu diungkapkan Tjahjo dalam memberikan pengarahan kepada pegawai di lingkungan Kementrian Perdagangan (Kemendag) dalam Rakernas Kemendag 2020 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2020).

Tjahjo membandingkan dengan peraturan perkawinan saat Presiden era Soeharto atau PP 10 tahun 1983 yang kemudian direvisi menjadi PP 45 Tahun 1990 tentang izin perkawinan dan perceraian Pegawai Negeri Sipil.

Dalam peraturan itu, tertulis, dalam Pasal 4, PNS pria yang akan beristri lebih dari seorang, wajib memperoleh izin lebih dahulu dari pejabat, dan permintaan izin harus diajukan secara tertulis.


Sementara di era saat ini, peraturan mengenai perkawinan sangat longgar sekali. Setiap PNS yang ingin memiliki istri lebih dari satu, hanya tinggal mendapatkan restu dari sang istri.

"PP 10 zaman Pak Harto jelas sekali. Sekarang lunak sekali. Sepanjang izin istri. Meskipun tidak ada izin dari atasan, tapi istri mengizinkan ya sudah," kata Tjahjo.

Tjahjo kemudian menyinggung pejabat di daerah yang memiliki istri lebih dari 4 bahkan sampai 7 orang. "Punya istri lebih dari 4 juga banyak. Saya kira teman-teman di Daerah tau lah, siapa pejabat daerah punya istri 7," kata Tjahjo.(cnbcindonesia)

Sumber : law-justice.co

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.RUANGGURU.MY.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Menpan RB Tjahjo Izinkan PNS Punya Istri 4, Tapi Penuhi 1 Syarat Ini"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel