Mulai Tahun 2020, USBN Tingkat SD Resmi Dihapus

SELAMAT DATANG DI RUANGGURU.MY.ID_
Sebagai sarana penilaian akhir peserta didik jenjang sekolah, tahun 2020 akan menerapkan peraturan baru. Nantinya Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN) tingkat sekolah dasar tidak lagi diterapkan. Namun penilaian akhir belajar ini akan diserahkan pada satuan pendidikan masing-masing.

Hal disampaikan dalam Sosialisasi Ujian Satuan Pendidikan Sekolah Dasar tahun 2020 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, Sosialisasi kebijakan Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019 diikuti oleh perwakilan sekolah dasar di Kabupaten Kebumen.

Wakil Bupati H Arif Sugiyanto mengatakan, kendati tak lagi ada USBN namun indikator penilaian hasil belajar siswa perlu diketahui. Nantinya soal ujian kepada siswa disusun masing-masing sekolah dengan kriteria yang telah ditentukan.

Dirinya berharap soal yang disusun lebih kepada menilai pemahaman konten anak-anak yakni kemampuan bernalar dan kemampuan berpikir kritis.

"Ujian sekolah yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan ini sebagai implementasi dari Merdeka Belajar. Kebijakan ini dicanangkan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim" katanya.

Sebagai implementasi kebijakan tersebut, lanjut Wabup Arif, ujian yang digelar oleh satuan pendidikan merupakan penilaian hasil belajar. Tujuannya untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. 

"Nantinya, setiap sekolah akan memiliki penilaian yang komperhensif soal ujian yang dilakukan untuk anak didiknya," tegasnya.

Wabup Arif juga mengimbau kepada para kepala sekolah agar proaktif untuk mengingatkan siswa didiknya mempersiapkan diri menghadapi ujian dengan sebaik-baiknya. Sedangkan, kepada para tenaga pendidik, agar memberi bimbingan untuk memperdalam materi yang akan dijadikan sebagai bahan ujian.

"Sehingga kesiapan peserta didik dalam menghadapi ujian terus meningkat," ujarnya.
Sementara Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kebumen Agus Sunaryo menjelaskan, sosialisasi diikuti oleh 1.536 peserta, melupiti Kepala SD Negeri 746 orang, Kepala SD Swasta 24 orang.

Kemudian, guru kelas 6 SD Negeri sebanyak 746 orang dan guru kelas 6 SD swasta sebanyak 24 orang. Sosialisasi sendiri akan dihelat dalam tiga tahap secara berturut-turut.

Sumber  : sorot.co

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.RUANGGURU.MY.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Mulai Tahun 2020, USBN Tingkat SD Resmi Dihapus"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel