Nadiem Bakal Terapkan Tes Ideologi dalam Rekrutmen Guru

RUANGGURU.MY.ID_Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim akan melakukan tes ideologi dalam rekrutmen atau penerimaan guru baru. Hal itu untuk memastikan tidak ada paham radikal yang berpotensi menyusup ke instansi pendidikan melalui guru.

"Pertama rekrutmen elemen untuk mengetahui apa posisi ideologi si guru dari rekrutmen," ujar Nadiem, saat menerima Media Group di Hotel Borobudur.

Selanjutnya, rekrutmen guru juga akan diperkuat dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Termasuk di dalamnya juga pengukuran level intoleransi yang dimiliki calon guru.


Untuk asesmen, pihaknya bakal melakukan tes berkala yang dilakukan setiap tahun. Bentuk tes akan terus disesuaikan dan disempurnakan setiap tahunnya.

Rangkaian tes tersebut, kata mantan Bos Gojek ini, tak lain bertujuan untuk memperbaiki organisasi sekolah dan juga kualitas gurunya. Lebih lanjut, Nadiem ingin program Pendidikan Profesi Guru (PPG) diperkuat.

"Agar kemudian mereka menjadi pemimpin di sekolah, kepala sekolah dan itu kriterianya harus baik," ujar Nadiem.

Dia ingin guru-guru yang masuk adalah guru-guru terbaik dan mampu menjadi penggerak. "Jadi ini suatu transformasi kultur dengan memasukkan orang yang terbaik ke dalam sistem, dan dalam lima tahun ini akan tercapailah revolusi pendidikan," tukasnya.


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di WWW.RUANGGURU.MY.ID,  Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Nadiem Bakal Terapkan Tes Ideologi dalam Rekrutmen Guru"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel