Update untuk bunda dari Mendikbud: Sekolah-Madrasah yang Berasrama di Zona Hijau Masih Dilarang Buka

Ruangguru.my.id_Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan sekolah dan madrasah yang berasrama di zona hijau terkait Corona masih dilarang untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Sekolah dan madrasah masih dilarang buka sebab dianggap rentan penyebaran virus Corona.


"Untuk sekolah dan madrasah yang berasrama kalau mereka di zona hijau pada saat ini masih dilarang membuka asrama dan melakukan pembelajaran tatap muka pada saat selama masa transisi atau dua bulan pertama ini masih dilarang karena risikonya masih rentan karena ada asramanya," kata Nadiem dalam konferensi pers yang disiarkan di akun YouTube Kemendikbud, Senin (15/6/2020).

Nadiem mengatakan pembukaan asrama akan dilakukan secara bertahap. Itu dilakukan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

"Jadi pembukaan asrama dan pembelajaran tatap muka dilakukan secara bertahap pada saat masa kebiasaan baru new normalnya, ini pun ada spesial eksepsi untuk yang berasrama," ujar dia.

Selain itu, Nadiem juga menjelaskan mengenai pola pembelajaran pendidikan anak usia dini, dasar dan menengah. Nadiem mengatakan peserta didik yang berada di zona kuning, oranye dan merah tetap melakukan pembelajaran dari rumah.

"Kita teah mengambil keputusan di Kemendikbud untuk daerah dengan zona kuning oranye dan merah, yaitu zona-zona yang telah didesignasikan oleh gugus tugas yang punya risiko COVID dan penyebaran COVID itu dilarang saat ini melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan, jadinya untuk zona-zona merah kuning dan oranye ini merepresentasikan saat ini 94 persen daripada peserta didik, di pendidikan dini dasar dan menegah," ujar dia.

Nadiem mengatakan ada 94 persen peserta didik yang berada di zona kuning, oranye dan merah. Sedangkan sisanya 6 persen peserta didik yang berada di zona hijau diperkenankan untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

"94 persen dari peserta didik kita tidak diperkenankan melakukan pembelajaran tatap muka jadi masih belajar dari rumah. Yang 6 persen yang di zona hijau itulah yang kami memperbolehkan pemerintah daerah untuk melakukan pembelajaran tatap muka tetapi dengan protokol yang sangat ketat," ujar dia.

"Jadi saya ulangi lagi bahwa untuk saat ini karena hanya 6 persen dari populasi peserta didik kita yang di zona hijau mereka lah yang kita berikan persilakan untuk pemerintah daerah mengambil keputusan melakukan sekolah dengan tatap muka, sisanya 94 persen tidak diperkenankan, dilarang, karena mereka masih ada risiko penyebaran COVID," sambung dia. (Sumber : detik.com)
loading...

Belum ada Komentar untuk "Update untuk bunda dari Mendikbud: Sekolah-Madrasah yang Berasrama di Zona Hijau Masih Dilarang Buka"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel