6 Fakta Penerimaan CPNS 2020 Ditiadakan, Nomor 2 Harap Bersabar

Ruangguru.my.id_Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebut pemerintah belum berencana membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2020. Pasalnya pemerintah masih harus menuntaskan proses seleksi CPNS tahun 2019.

“Untuk CPNS tahun 2020 belum ada kebijakannya. Pemerintah masih akan menyelesaikan terlebih dahulu proses penerimaan CPNS 2019,” kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana.


Seperti diketahui proses penerimaan CPNS terhenti setelah seleksi kompetensi dasar (SKD). Dimana untuk tahap selanjutnya yakni seleksi kompetensi bidang (SKB) belum dapat dijalankan karena adanya wabah covid-19. Di sisi lain saat ini juga pemerintah masih harus menuntaskan proses seleksi CPNS untuk jalur sekolah kedinasan. Di mana rencananya akan digelar SKD pada bulan Juli ini.

Berikut adalah fakta mengenai moratoraium penerimaan CPNS yang dirangkum Okezone:

1.Prioritaskan CPNS 2019

Pemerintah masih akan menyelesaikan terlebih dahulu proses penerimaan CPNS 2019 yang masih tertunda tes SKBnya. Rencana SKB Akhir Agustus atau awal September-Oktober, setelah selesai tes SKD Sekolah Kedinasan. Tapi semua masih harus mendapat persetujuan Gugus Tugas Covid19.

Di samping itu, Bima juga mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada usulan kebutuhan pegawai dari masing-masing instansi. “Belum ada usulan yang masuk dari instansi,” kata Bima.

2. Dibuka 2021

MenPANRB Tjahjo Kumolo memastikan tak akan ada seleksi CPNS tahun ini. Dia mengatakan kemungkinan besar seleksi akan dibuka tahun depan.

“Tahun 2020 tidak ada penerimaan ujian CPNS. Kemungkinan baru dibuka CPNS tahun 2021,” kata Tjahjo.

3. Alasan Moratorium CPNS

Tjahjo menjelaskan alasan tidak adanya rekrutmen CPNS 2020 karena seleksi CPNS 2019 belum tuntas seluruhnya. Seperti diketahui proses penerimaan CPNS terhenti setelah seleksi kompetensi dasar (SKD). Di mana untuk tahap selanjutnya yakni seleksi kompetensi bidang (SKB) belum dapat dijalankan karena adanya wabah covid-19.

“Alasannya penerimaan CPNS tahun 2019 belum selesai semua. Ini karena ada penundaan sebagai dampak covid-19,” ungkapnya.

4. DPR Minta Kementan Buka Lowongan

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PKS Hermanto justru meminta agar pendaftaran CPNS tetap dibuka, khususnya untuk CPNS di Kementerian Pertanian. Namun dirinya tidak memberikan alasan jelas mengapa Kementerian Pertanian harus tetap membuka pendaftaran CPNS 2020.

"Saya minta supaya Kementerian Pertanian menganggarkan kembali CPNS 2020," ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR-RI.

5. 87 Ribu PNS Pensiun

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebanyak 87.333 PNS diprediksi pensiun tahun ini. Di mana untuk guru mencapai 38.611 orang, dosen 1.009 orang, tenaga medis 1.537 orang, tenaga teknis 5.530 orang, tenaga administrasi 26.911 orang dan pegawai struktural 13.735 orang.

Di saat yang sama pemerintah mengambil kebijakan untuk tidak membuka rekrutmen CPNS tahun 2020. Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan pemaksimalan teknologi informasi (TI) untuk layanan publik menjadi salah satu antisipasi pemerintah terhadap PNS pensiun dan tidak adanya rekrutmen.

6. CPNS Kemenkeu Buka 2024

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah membuat moratorium atau pemberhentian sementara perekrutan CPNS baru dan mahasiswa STAN untuk 5 tahun ke depan, tepatnya pada periode 2020-2024.

Peraturan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 77 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan 2020-2024.

"Proyeksi kebutuhan SDM aparatur Kementerian Keuangan untuk jangka waktu 5 tahun dihitung dan disusun secara hati-hati berdasarkan ketentuan yang berlaku, memperhatikan arah kebijakan nasional di bidang pengelolaan SDM aparatur dan kondisi existing SDM Kementerian Keuangan," tulis PMK 77/2020.
loading...

Belum ada Komentar untuk "6 Fakta Penerimaan CPNS 2020 Ditiadakan, Nomor 2 Harap Bersabar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel