Ada Apa Dengan Konsep Merdeka Belajar! FSGI Minta Mendikbud Batalkan Konsep Merdeka Belajar

Ruangguru.my.id_Sekretaris Jenderal (Sekjen) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Heru Purnomo, mendesak Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membatalkan konsep 'Merdeka Belajar' di dalam berbagai program Kemendikbud RI.


Sebab, Heru menduga, konsep 'Merdeka Belajar' yang digaungkan Kemendikbud di bawah kepemimpinan Nadiem Makarim telah menjadi hak merek PT Sekolah Cikal milik Najelaa Shihab.

Menurut Heru, apabila tidak dibatalkan, maka konsep 'Merdeka Belajar' berpotensi jadi Komoditas dan diperdagangkan dalam dunia Pendidikan.

Kemendikbud Tersandera Merek Dagang, FSGI: Negara Harus Punya Marwah dan Harga Diri
Anies Baswedan: Tahun Ini Adalah Tahun Reformasi Total Pendidikan Swasta

“Berdasarkan pada dampak-dampak yang sudah dianalisis FSGI, diantaranya adalah Pendidikan akan berpotensi menjadi Komoditas sehingga menciderai Konstitusi Republik Indonesia. Khususnya dalam pemenuhan hak-hak dasar atas Pendidikan,” ungkapnya saat diskusi virtual dengan topik 'Merdeka Belajar: Program atau Merek Dagang', Jakarta.

Lebih lanjut, Heru menuturkan, jika Kemendikbud tidak membatalkan penggunaan konsep 'Merdeka Belajar' itu, maka Pendidikan Indonesia akan tersandera oleh sebuah perusahaan, yakni PT Sekolah Cikal.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas FSGI Retno Listyarti, mempertanyakan tentang konsep Merdeka Belajar Kemendikbud. Karena konsep yang digaungkan oleh Kemedikbud tersebut telah menjadi hak paten PT Sekolah Cikal.

Retno menduga, Merdeka Belajar ingin dijadikan sebagai merek dagangan dan Komoditas oleh Kemendikbud yang berdampak pada anak-anak Indonesia ke depannya.

“Anak Indonesia akan terdampak karena Pendidikan akan jadi mahal, karena apa-apa mau dimerekdagangkan, Komoditas dalam Pendidikan, ini berbahaya bagi anak-anak yang tidak mampu, sebagian anak Indonesia justru dari yang tidak mampu,” ujarnya.

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Ada Apa Dengan Konsep Merdeka Belajar! FSGI Minta Mendikbud Batalkan Konsep Merdeka Belajar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel