Begini Cara Guru Mengajar pada Hari Pertama Tahun Ajaran 2020/2021 di Zona Nonhijau

Ruangguru.my.id_Hari ini, merupakan hari pertama penyelenggaraan tahun ajaran baru 2020/2021.
Namun, tidak semua SMP dan SMA sederajat dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka, karena kabupaten atau kota tempat sekolah tersebut berada tidak tergolong zona hijau dalam peta zonasi Covid-19.


Di antara SMP dan SMA sederajat yang belum mendapat rekomendasi untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka hari ini adalah seluruh SMP dan SMA di wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Sebagaimana diketahui, kedua daerah bertetangga ini hingga Minggu kemarin masih tergolong zona oranye yang artinya berisiko sedang dalam penularan Covid-19.

Oleh karenanya, pembelajaran secara tatap muka ditiadakan. Sebagai gantinya adalah kegiatan belajar dari rumah (BDR).

Lalu, para guru yang akan menyampaikan mata pelajaran kepada murid-muridnya itu apakah berada di rumah juga?

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD MPA yang ditanyai Serambinews.com pagi ini, guru-guru melaksanakan kegiatan BDR di sekolah.

Skenarionya seperti ini: Guru masuk ke ruang kelas, lalu mengajar pakai aplikasi Zoom, dan siswa menyimak di rumah masing-masing.

Di akhir proses belajar-mengajar (PBM) sistem BDR ini guru akan memberikan tugas atau PR untuk dikerjakan siswa di rumah.

Di sekokah, praktik mengajar secara BDR ini diawasi langsung oleh kepala sekolah, dibantu para wakilnya.

Terutama untuk memastikan apakah guru ada datang ke sekolah dan tetap mengajar secara daring (online) untuk murid-muridnya yang menyimak di rumah.

Selain itu, Dinas Pendidikan Aceh juga mengirim tim monitoring/pemantauan penyelenggaraan tahun ajaran baru 2020/2021 ke sekolah.

Untuk Banda Aceh dan Aceh Besar, tim monitoring itu terdiri atas Kepala Bidang SMA, Zulkifli MPd serta Kepala Bidang Teknologi dan Komunikasi Pendidikan, Teuku Fariyal MM, dan sejumlah staf.

Tujuan dari monitoring itu, kata Rachmat Fitri, adalah untuk memastikan semua guru melakukan kegiatan BDR di sekolah.

Hari Minggu kemarin tim monitoring dari Disdik Aceh juga sudah bergerak menuju daerah kabupaten/kota zona hijau di Aceh yang hari ini mulai melaksanakan pembelajaran secara tatap muka (klasikal).

Namun, hari ini tidak semua kelas di jenjang SMP dan SMA melaksanakan PBM berbasis tatap muka maupun BDR.

Soalnya, karena Juli ini awal tahun ajaran baru, maka rata-rata sekolah sedang melaksanakan Masa Orientasi Sekolah (MOS) bagi murid baru.

Salah satu sekolah yang hari ini melaksanakan MOS untuk murid baru adalah MTsN 1 Banda Aceh yang berada di Jalan Poncut Baren.

Siswa-siswi MTsN 1 ini baru akan melaksanakan kegiatan BDR pada hari Rabu (15/7/2020).

"Hari ini di sekolah kami ada MOS untuk murid baru. Jadi, BDR baru akan dilaksanakan pada hari Rabu lusa," kata Nadira Yasvina, salah satu siswi MTsN 1 Banda Aceh.

Dalam dua hari ini, katanya, aktivitas mereka adalah berkoordinasi dengan guru kelas untuk membentuk grup belajar secara virtual sehingga saat berlangsung BDR dua hari lagi seluruh murid di kelas itu sudah tergabung dalam grup Zoom meeting.

Kadisdik Aceh sudah mengingatkan kepada guru dan tenaga pendidikan (tendik) di bawah jajarannya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan protokol pendidikan agar penyelenggaraan BDR berhasil optimal dan semua guru maupun tendik terhindar dari penularan virus corona dan target kurikulum tercapai. 

Sumber : tribunnews.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Guru Mengajar pada Hari Pertama Tahun Ajaran 2020/2021 di Zona Nonhijau"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel