BLT Dana Desa Diperpanjang, Bantuan 900 Ribu Bakal Diberikan Kepada Warga yang Berhak. Silahkan cek data penerima disini

Bantuan pemerintah melalui Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa resmi diperpanjang hingga Bulan September 2020. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50 tahun 2020 dan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 7 Tahun 2020.


Tahap kedua Dana Desa yang dialokasikan untuk program BLT tersebut berbeda dengan tahap pertama. Demikian diungkapkan Kepala DP3AKBPMD Gunungkidul, Sudjoko melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Subiyantoro.

Dalam periode pertama (April, Mei, Juni) penyaluran BLT dana desa masyarakat yang berhak sesuai hasil musyawarah desa, menerima bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu/orang. Namun penyaluran pada tahap kedua ini hanya sebesar 300 ribu, diberikan selama 3 bulan hingga Bulan September. Dengan demikian warga yang berhak balal menerima bantuan uang tunai total sebesar Rp 900 ribu.

Lebih lanjut dijelaskan, sesuai PMK kalurahan wajib mengganggarkan dana untuk alokasi BLT periode kedua tersebut. Namun demikian disebutkan juga dalam Permendes bahwa kewajiban itu bagi kalurahan yang dana desanya masih mencukupi.

"Jadi apabila desa setelah melakukan APBDes perubahan dan masih memiliki dana yang mencukupi wajib mengalokasikan dana untuk BLT periode kedua ini. Tentunya dengan pembuktian dan akan diperiksa oleh inspektorat. Jadi nggak bisa bilang tidak mencukupi tanpa ada buktinya," terang Subiyantoro.

Silahkan cek data penerima bansos https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/

Dijelaskan, kalurahan diperbolehkan membuat kebijakan daftar penerima bantuan, apakah meneruskan periode pertama atau mengganti dengan penerima BLT baru. Jumlah penerima BLT pun ditentukan oleh kalurahan sesuai kemampuan dana yang dimiliki.  (sorot.co)
loading...

Belum ada Komentar untuk "BLT Dana Desa Diperpanjang, Bantuan 900 Ribu Bakal Diberikan Kepada Warga yang Berhak. Silahkan cek data penerima disini"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel