Face Shield Sebatas Anjuran, Siswa Wajib Pakai Masker dan Bawa Cadangan. begini aturannya

Ruangguru.my.id_Beberapa sekolah yang masuk zona hijau memperbolehkan siswa ikut pembelajaran tatap muka di kelas. Namun, tentu harus mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Salah satu yang paling vital ialah wajib memakai masker. Tapi, apakah perlu pakai face shield? Jika hanya memakai face shield saja tentu tidak dianjurkan. Pakai face shield harus juga memakai masker. 

wajib pakai masker Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto, masyarakat harus tetap menggunakan masker apabila memakai face shield atau pelindung wajah. Yuri menegaskan, jika face shield dipakai tanpa menggunakan masker, maka upaya tersebut tidak akan sempurna melindungi diri dari potensi tertular Covid-19. "Kami ingatkan kembali menggunakan masker menjadi penting. Gunakanlah masker yang nyaman untuk Anda pakai," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB,

Hanya saja, untuk penggunaan face shield bagi siswa tentu hal itu tidak wajib. Pemakaian face shield bagi siswa hanya anjuran saja. 

Hanya sesuai kebutuhan Koordinator Operasional Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman DIY yang juga Kepala Dinas Kesehatan Sleman dr. Joko Hastaryo, M.Kes menjelaskan, panggunaan face shield hanya sesuai kebutuhan saja. "Kalau pakai masker itu harus dan wajin, tapi face shield hanya sesuai kebutuhan," ujar dr Joko saat dihubungi Kompas.com.

Dijelaskan, secara medis atau kesehatan, saat masa pandemi Covid-19 ini semua warga yang beraktivitas di luar rumah maka harus memakai masker. Sedangkan bagi siswa sekolah yang sudah mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah maka tidak harus pakai face shield. Terkait pemakaian masker bagi siswa sekolah, idealnya pakai masker bedah. Karena masker bedah bisa bertahan selama 12 jam dan baru ganti masker. Tetapi jika pakai masker kain maka minimal yang dua lapis. Masker kain hanya bisa digunakan selama 4-5 jam saja. "Untuk masker kain dua lapis tidak apa-apa. 

Tapi hanya bisa dipakai selama 4-5 jam saja, selanjutnya harus ganti. Maka siswa harus membawa masker cadangan," katanya. Sekolah sediakan masker cadangan Sementara itu, menurut Kepala SMAN 1 Pakem Sleman DIY, Kristya Mintarja, S.Pd., M.Ed. untuk Tahun Ajaran Baru di sekolahnya masih menerapkan pembelajaran daring. Sehingga siswa tidak ikut pembelajaran tatap muka di sekolah. Terkait penggunaan masker, sekolahnya juga menyediakan masker cadangan bagi siswa. 

"Jika seandainya sekolah sudah menyelenggarakan tatap muka, maka kami siap. Tentu dengan menerapkan protokol Covid-19," katanya kepada Kompas.com. 

"Kami menyediakan masker cadangan bagi siswa, tapi hanya terbatas. Sedangkan pemakaian face shield hanya anjuran saja bukan keharusan. Tentu sesuai kondisi siswa karena terkait kenyamanan," imbuh Kristya.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Face Shield Sebatas Anjuran, Siswa Wajib Pakai Masker dan Bawa Cadangan. begini aturannya"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel