Jelang Tahun Ajaran Baru, Kemendikbud Luncurkan Seri Webinar Guru Belajar

Ruangguru.my.id_Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) secara resmi meluncurkan Seri Webinar Guru Belajar: ‘Adaptasi Pembelajaran Masa Pandemi’ melalui aplikasi zoom.


Langkah ini diharapkan bisa menghidupkan ruang diskusi dan mewarnai ruang belajar para guru melalui penyesuaian sistem pendidikan di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Terlebih jelang tahun ajaran baru ini, tentu para pemangku pendidikan harus bersiap diri untuk memberikan sistem pembelajaran yang berbeda, namun tidak mengurangi mutu pendidikan yang seharusnya.

Selaku keynote speaker, Direktur Jenderal GTK Kemendikbud, Iwan Syahril mengatakan, masa pandemi Covid-19 ini merupakan masa-masa sulit. Karena berdasarkan data, lebih dari 1,3 miliar murid harus belajar di rumah dan situasi sekolah atau sistem pendidikan juga harus tutup.

“Jadi, Seri Webinar Guru Belajar ini digelar sebagai respon Kemendikbud dalam menghadapi tantangan dan situasi yang ada. Tujuan intinya untuk menghimpun semua energi positif dalam merespon tantangan sehingga kita semua mau saling memberdayakan,” ujarnya, di Jakarta .

Pada kesempatan itu, ada tiga kunci yang disampaikan Iwan. Pertama, berbagi dengan belajar. Kedua, gotong royong dan ketiga fokus pada murid.

Iwan menekankan, dalam menghadapi masa pandemi Covid-19, itu dituntut harus tetap kuat terutama pada literasi, numeresi, dan soft skill (karakter) yang akan membawa untuk terus maju dan berkompetisi secara global.

“Seri Webinar Guru Belajar ini akan diselenggarakan secara berkelanjutan selama satu bulan ke depan dengan menyuguhkan tema-tema dan narasumber dari kalangan guru, akademis, praktisi, unsur pemerintah daerah, dan berbagai pemangku kepentingan,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Direktorat Jenderal GTK Kemendikbud Nunuk Suryani mengaku, animo masyarakat terhadap program ini cukup tinggi. Terbukti dengan jumlah pendaftar yang melampaui dari kuota yang ditentukan.

Di sini, ia menyarankan kepada seluruh pemangku pendidikan harus segera bersiap-siap, menyiapkan kondisi sebaik mungkin, sehingga siap mendampingi seluruh peserta didik dalam menyambut tahun ajaran baru yang akan datang.

“Ini dilakukan bersamaan dengan diluncurkannya surat edaran bersama empat kementerian yang mana berisi pemberian petunjuk, larangan, tata cara menyelenggarakan pembelajaran pada tahun ajaran yang akan datang,” katanya.

Oleh karena itu, GTK akan bertanggung jawab penuh untuk memfasilitasi, berbagi, bergotong royong memberikan dan menjawab kebutuhan para insan pendidikan akan segala hal kebutuhan menjelang pembelajaran tahun ajaran yang akan datang sesuai standar protokol Covid-19.

Untuk diketahui, selain Iwan Syahril dan Nunuk Suryani, juga hadir Praptono selaku Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Menengah dan Pendidikan Khusu, Abdoellah selaku Plt.

Direktur Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini, Rachmadi Widdiharto selaku Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, dan Santi Ambarrukmi selaku Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan.

Tak hanya itu, lebih dari ribuan peserta dari kalangan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, widyaiswara, orang tua dan para insan pendidikan mengikuti acara ini.

Sumber : indopos.co.id

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Jelang Tahun Ajaran Baru, Kemendikbud Luncurkan Seri Webinar Guru Belajar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel