Rekrutmen Kepala Sekolah Diprioritaskan dari Jebolan Guru Penggerak

Ruangguru.my.id_Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim akan memprioritaskan rekrutmen kepala sekolah, pengawas, dan pelatih guru diambil dari jebolan program Guru Pengerak. Nadiem akanberkolaborasi dengan Kepala Daerah dan Kepala Dinas untuk memastikan skema ini berjalan dengan baik.


“Ini komitmen, bahwa jalur karier kepemimpinan menjadi kepala sekolah, pengawas, dan pelatih guru akan diprioritaskan dari grup Guru Penggerak. Kami akan berkolaborasi dengan Dinas dan Pemda untuk memastikan ini terjadi,” terang Nadiem dalam Peluncuran Guru Penggerak, Jumat 3 Juli 2020.

Untuk itu Kemendikbud, kata Nadiem, memastikan Guru Penggerak ini nantinya berdampak di sekolahnya, bahkan menjadi bibit kepala sekolah, pengawas dan pelatihan guru. “Saat lulus, Kemendikbud akan komitmen dengan semua Pemda, kepala dinas, untuk memastikan bahwa guru-guru-guru penggerak ini akan bisa berdampak di dalam lingkungan sekolah,” terangnya.

Lebih lanjut Mendikbud menjelaskan, bahwa pimpinan pendidikan dari lulusan Guru Penggerak ini mempunyai kapasitas sebagai pemimpin pendidikan. Mampu meningkatkan kualitas guru dan pembelajaran di sekolahnya.

“Kepemimpinan di unit pendidikan yang tugas utamanya bukan administrasi sekolah, bukan mengurus logistik sekolah, kalau kepala sekolah dan pengawas berfokus pada kualitas dan meningkatkan kualitas masing-masing guru,” terangnya.

Sebelumnya, hari ini Nadiem meluncurkan episode terbaru Merdeka Belajar yakni program ‘Guru Penggerak’. Program ini digadang-gadang bakal menjadi ujung tombak tansfromasi pendidikan.

“Guru penggerak agen yang di masa depan jadi calon-calon kepala sekolah, pengawas, pelatih-pelatih program pelatihan guru,” kata Nadiem.

Program Guru Penggerak bukan hanya identifikasi dan rekrutmen, tapi pembinaan, pelatihan, pembinaan dan membesarkan dampak dari guru-guru penggerak. “Penting proses identifikasi dan sukses agar masa depan unit pendidikan Kita terjaga,” jelasnya.

Untuk kualifikasi Guru Penggerak ini, kata Nadiem, tidak cukup hanya dengan guru yang baik. Guru Penggerak harus mempunyai kapasitas untuk mendorong tumbuh kembang murid tidak hanya berkembang di kelas tapi tumbuh secara holistik.

Selain itu juga memberdayakan guru dan sekolah di tempatnya mengajar. “Membuat pengajaran, menjadi coach di sekolah dan di luar sekolah, menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem pendidikan,” ujarnya.

Sumber : medcom.id

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Rekrutmen Kepala Sekolah Diprioritaskan dari Jebolan Guru Penggerak"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel