Agar Tak Disalahgunakan, Pembagian Kuota Internet untuk Siswa Harus Diawasi Ketat

Ruangguru.my.id_Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, menjanjikan pemberian kuota internet gratis bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen untuk mendukung proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Keputusan ini setidaknya menjadi salah satu solusi untuk permasalahan yang banyak dialami siswa dan guru.


Hal ini disampaikannya dalam rapat kerja Komisi X di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/8) kemarin. Anggaran yang dipersiapkan tidak main-main, mencapai Rp9 Triliun.

Pengamat pendidikan, Jimmy Paat, pada dasarnya mengapresiasi langkah yang diambil pemerintah apalagi sampai menggelontorkan dana Rp9 triliun

"Itu dana yang besar sekali. Asumsinya pemerintah melihat PJJ sudah berjalan baik dan lebih baik kalau ditambah dengan kuota gratis. Dari sisi finansial yaitu kuota merupakan satu unsur. Saya sendiri juga merasakannya, punya HP tapi terkendala kuota," kata Jimmy saat dihubungi merdeka.com.

Tetapi, dia juga mempertanyakan bagaimana kontrol terhadap penggunaan kuota internet yang diberikan. Sebab, jika kuota internet yang diberikan secara gratis akan menjadi sia-sia bila pada akhirnya tak digunakan untuk pembelajaran.

"Secara teknis mereka emang dapet, tapi apa benar-benar digunakan dengan baik?" tanyanya.

Menurut Jimmy, penyediaan kuota internet tak serta merta menjawab ragam persoalan sistem tersebut. Menurutnya, yang tak kalah penting harus diperhatikan pemerintah adalah kualitas materi pembelajaran. Apakah sudah disampaikan dengan baik dan diterima dengan baik pula oleh siswa.

"Hal-hal itu mesti dilihat juga, jangan hanya sekadar memindahkan mengajar di kelas dipindah ke layar aja. Pemerintah juga harus menjelaskan sudah sejauh mana kinerja mereka," sambungnya.

"Termasuk menyiapkan dulu guru-guru sehingga tidak gagap. Belum tentu guru guru ini paham digital," tutup Jimmy.

Sumber : merdeka.com


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Agar Tak Disalahgunakan, Pembagian Kuota Internet untuk Siswa Harus Diawasi Ketat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel