Catat..! Sebelum Pengurusan Pangkat, Ini yang Harus Dilakukan Guru

Ruangguru.my.id_Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara T Aznal Zahri mengimbau guru dalam wilayah kerjanya untuk memperhatikan dokumen kepegawaian masing-masing demi tertibnya administrasi.


Karena guru yang acuh terhadap dokumen kepegawaian akan menyulitkan guru itu sendiri, misalnya saat mengusul kenaikan pangkat/golongan. Imbauan itu disampaikan disela-sela penyerahan Surat Penetapan Angka Kredit (PAK) 2019 bagi 240 guru SMA/SMK di Aula Kantor Cabang setempat.

“Fakta di lapangan, secara umum guru baru mengusulkan PAK bersamaan dengan usulan kenaikan pangkat sehingga membuat guru kewalahan dalam mengumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan,” kata T Aznal.  

Muncullah asumsi bahwa proses usul kenaikan pangkat itu rumit serta terkesan dipersulit. Seharusnya, PAK itu diusulkan setiap tahun berjalan. Pihaknya menegaskan, pada tahun 2020 ini guru SMA/SMK/SLB Aceh Utara wajib mengusulkan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK).

“Untuk selanjutnya dilakukan penilaian oleh Tim Penilai dan Ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh,” tegas Alumni STPDN Jatinangor, Jabar tersebut.

Sementara itu, Kasubbag Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh Utara Supriariadi menjelaskan, jumlah berkas usulan penetapan angka kredit yang diterima pihaknya sebanyak 465 usulan.

Rinciannya, 359 untuk PAK tahunan, 69 untuk kenaikan pangkat periode Oktober 2020, dan 37 usulan untuk kenaikan jabatan fungsional. “Hingga saat ini yang sudah kita serahkan sebanyak 240 PAK tahunan, artinya tersisa 119 PAK. Sedangkan untuk yang usul kenaikan jabatan fungsional dan kenaikan pangkat akan diserahkan kepada guru setelah pembagian SK pangkat yang bersangkutan,” pungkasnya.

Nur Ismah, guru SMAN 2 Dewantara mengaku senang penyerahan PAK serta pengembalian Berkas DUPAK diserahkan langsung oleh Kepala Cabang Dinas. “Alhamdulillah. Belum pernah ada kejadian penyerahan PAK sekaligus pengembalian berkas DUPAK,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Azhari, guru SMAN 1 Syamtalira Aron, “Pelayanannya dari pertama menyerahkan berkas hingga pengembalian berkas serta penyerahan PAK sangat bagus. Sungguh tidak pernah kami bayangkan sebelumnya,” ujar Azhari.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Catat..! Sebelum Pengurusan Pangkat, Ini yang Harus Dilakukan Guru "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel