Kabar Baik Bagi Guru Honorer, Tahun Depan Honornya Naik Tiga Kali Lipat

Ruangguru.my.id_Ribuan guru honorer mulai dari TK, SD, hingga SMP di Pangandaran bakal segera menikmati honor yang layak.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata sudah menganggarkan kenaikan honor guru honorer tersebut dari Rp 300.000 per bulan jadi Rp 1 juta per bulan.

Naik tiga kali lipat lebih.

Tak hanya guru honorer semua tenaga honorer lingkup Pemkab Pangandaran juga dinaikkan honornya baik itu petugas kebersihan (pasapon), supir ambulans, petugas rumah sakit, dan semua honorer yang ada di dinas-dinas.

Dan Pemkab Pangandaran menyiapkan alokasi anggaran untuk peningkatan kesejahteraan tenaga honorer tersebut sebesar Rp 65 miliar.

Rencana kenaikan honor tenaga honorer lingkup Pemkab Pangandaran tersebut disampaikan Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata pada rapat paripurna DPRD Pangandaran penyampaian KUA PPAS Tahun Anggaran 2021 di Gedung DPRD Pangandaran, Kamis (27/8/2020) sore.

“Sebagai daerah otonomi baru, tentu di Pangandaran tenaga honorernya cukup banyak dibanding PNS-nya. Terutama guru. Jumlah guru honorer hampir sama banyaknya dengan guru PNS. Jumlahnya fifty-fifty,” ujar Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata kepada Tribun via telepon Kamis sore.

Di Pangandaran saat ini kata Bupati Jeje, jumlah guru honorer mulai dari TK, SD, sampai SMP sekitar 4.000 orang sedangkan guru PNS sekitar 3.000 sampai 4.000 orang.

“Jumlah guru PNS tiap tahun terus berkurang. Rata-rata tiap tahun ada 200 orang guru yang pensiun. Sementara selama tiga tahun terakhir hanya ada 200 orang yang diangkat jadi guru PNS. Tidak berimbang jumlah guru yang pensiun dengan guru yang diangkat jadi PNS,” katanya.

Sehingga dalam pembangunan pendidikan di Pangandaran peran guru honorer sangat signifikan.

“Sementara selama ini mereka hanya mendapat honor sebesar Rp 300.000/bulan. Mulai Januari 2021, honor yang diterima guru honorer akan naik jadi Rp 1 juta/bulan. Itu yang ditanggung oleh APBD Pangandaran. Belum lagi dari dana BOS. Jadi tahun depan di Pangandaran tidak ada lagi guru honorer yang honornya di bawah Rp 1 juta,” ujar Jeje.

Tidak hanya guru honorer, semua tenaga honorer di unit kerja Pemkab Pangandaran akan menikmati kenaikan honor mulai awal 2021.

Baik itu petugas kebersihan (pasapon), petugas rumah sakit, supir ambulans, honorer di tingkat dinas instansi, dan sebagainya.

“Total anggaran yang akan dialokasikan untuk peningkatan honor tenaga honorer tersebut. Baik guru dan sebagainya tersebut sebesar Rp 65 miliar,” katanya.

Rata-rata nanti tenaga honorer di Pangandaran akan menikmati uang kesejahteraan (honor)  Rp 1 juta/bulan bahkan bisa lebih.

“Supir ambulans baik di puskesmas maupun rumah sakit selama ini honor mereka sudah Rp 1 juta lebih per bulan, nanti akan naik di atas Rp 2 juta per bulan. Rata-rata supir ambulans tersebut sudah lama masa kerjanya,” ujar Bupati Jeje.

Selama empat tahun terakhir, pembangunan di Pangandaran lebih fokus ke infrastruktur, jalan, irigasi, jembatan, sarana pendidikan, hingga sarana kesehatan.

Tahun berikutnya menurut Bupati Jeje akan mengutamakan pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan.
loading...

Belum ada Komentar untuk "Kabar Baik Bagi Guru Honorer, Tahun Depan Honornya Naik Tiga Kali Lipat"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel