393 Guru di Daerah ini Positif COVID-19, IDI: Jangan Buka Sekolah Dulu

Ruangguru.my.id_Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Surabaya angkat bicara terkait banyaknya tenaga pendidik di Kota Pahlawan yang terpapar COVID-19. Sebagaimana diketahui, sebanyak 393 guru SD dan SMP di Surabaya tertular COVID-19. Hasil ini didapat setelah dilakukan tes swab secara masif.


Dikatakan Ketua IDI Surabaya dr. Brahmana Askandar, dengan adanya temuan tersebut dapat menjadi pijakan agar tak tergesa-gesa membuka kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Kembali ke sekolah memang harus menunggu timing yang tepat. Jangan sampai nanti terjadi transmisi COVID-19 di sekolah yang bisa mengenai siswa, guru dan keluarga siswa di rumah," tegas dr. Brahmana, saat dihubungi Basra, Selasa (1/9) malam.

Lebih lanjut dr. Brahmana mengungkapkan, kondisi akan semakin fatal jika yang terpapar COVID-19 juga memiliki komorbid (penyakit penyerta). Kondisi pasien COVID-19 dengan komorbid kian mempertinggi resiko kematian.

"Data menunjukkan kematian akibat COVID-19 sebagian besar terjadi pada mereka dengan penyakit komorbid," imbuhnya.

Ia juga meminta bagi tenaga pendidik yang terkonfirimasi positif COVID-19 untuk segera diisolasi dan dilakukan pengecekan swab menyeluruh semua yang kontak dengan yang bersangkutan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tes swab secara masif terus digencarkan Pemkot Surabaya terhadap tenaga pendidik. Sudah ada 3.882 orang guru jenjang SD dan SMP yang dites swab.

"Sebanyak 3.082 orang guru hasil tes swab nya telah keluar. Positif (sejumlah) 393 orang, yang negatif 2.675," ujar Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto, saat dikonfirmasi Basra.

Lebih lanjut Kepala BPB Linmas Surabaya ini mengungkapkan, tes swab para pendidik SD dan SMP masih terus berlangsung dan dilaksanakan di Laboratoriun Kesehatan Daerah (Labkesda) Jalan Gayungsari Barat.

Irvan menegaskan tes swab juga akan dilakukan terhadap guru PAUD dan TK.


Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.
loading...

Belum ada Komentar untuk "393 Guru di Daerah ini Positif COVID-19, IDI: Jangan Buka Sekolah Dulu"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel