Ini Cara Dapat NUKS Sebagai Syarat Utama Jadi Kepala Sekolah, Ikuti Diklat 2 Bulan

Ruangguru.my.id_Pemerintah Kota Palembang (Pemkot Palembang) melantik 238 pejabat struktural, pengawas dan Kepala sekolah.

Dimana dari jumlah tersebut mayoritas yang dilantik adalah kepala sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, mereka yang dilantik sebagai kepala sekolah telah melewati proses verifikasi dokumen yang ketat.

Termasuk pengecekan ada atau tidaknya nomor unik kepala sekolah (NUKS) yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS)

Sebab, bila terbukti tidak memiliki NUKS maka yang bersangkutan tidak bisa menjabat sebagai Kepala Sekolah.

"Kalau di cek tidak ada NUKS langsung saya turunkan (copot), begitu juga bila terbukti dipalsukan bisa kena sanksi. Kemarin memang ada salah satu Plt Kepsek karena belum punya NUKS makanya tidak kita lantik, NUKS syarat wajib untuk jadi Kepsek," jelasnya

Lanjut Zulinto, untuk mendapatkan NUKS Aparatur sipil Negara (ASN) wajib melewati proses Diklat kurang lebih selama dua bulan, ini sebagai proses pembekalan untuk menempati posisi Kepsek.

"Kemudian, dia juga minimal harus golongan III C agar bisa dilantik sebagai Kepsek. Saya pastikan mereka yang dilantik ini sudah punya NUKS," tegasnya.

Dalam pelantikan kali ini, total ada 66 Kepsek SD, 52 SMP dan satu orang Kepsek untuk TK.

Para Kepsek yang dilantik merupakan hasil promosi dan mutasi.

"Promosi karena memang ada Kepsek pensiun dan kosong digantikan Pelaksana Tugas seperti kebanyakan di SD maka defenitif. Ada juga Kepsek dibebastugaskan karena masa pensiun sudah dekat," katanya.

Kata Zulinto, bagi mereka yang dibebastugaskan dikarenakan pihaknya sudah sepakat untuk tidak ada lagi penugasan PLT kepsek serta sebelum bulan Juli 2021 belum dipastikan ada pelantikan kembali.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa menyebutkan, mereka yang dilantik hari ini untuk mengisi formasi yang kosong atau masih berstatus Pelaksana Tugas (PLT).

"Ini sempat tertunda karena banyak yang belum memenuhi syarat. Terutama untuk Kepsek SD yang sebelumnya dijabat oleh PLT. Makanya hari ini baru sebagian untuk SD yang dilantik," katanya.

Ia berharap pejabat yang baru dilantik bisa segera menjalankan tugasnya, terlebih untuk mengemban tugas kepala sekolah sangat berat.

"Jangan suka mengeluh dan jangan memfitnah, buanglah ego sektoral dari sekolah masing-masing dan buanglah iri hati. Ke depan tidak lagi pola pikir lama, rutinitas tidak lagi kerja yang monoton dan nyaman dan harus berubah, zaman dan kondisi berubah terlebih dengan pandemi Covid-19," tegasnya.

loading...

Belum ada Komentar untuk "Ini Cara Dapat NUKS Sebagai Syarat Utama Jadi Kepala Sekolah, Ikuti Diklat 2 Bulan"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel