Cek Penerima BSU Kemdikbud di info.gtk.kemdikbud.go.id, Berikut Cara Pencairan BLT Guru Honorer

Ruangguru.my.id_Penyaluran dana BSU Kemendikbud saat ini tengah dilakukan untuk para guru honorer yang terdaftar sebagai penerima BLT guru honorer Rp1,8 juta.

Untuk mengetahui apakah termasuk sebagai penerima BSU Kemendikbud bisa mengakses Info GTK 2020 di info.gtk.kemdikbud.go.id untuk cek penerima BLT guru honorer.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini tengah menyalurkan program Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi Pendidik dan Tenaga Pendidikan (PTK) non-PNS di Lingkungan Kemendikbud Tahun 2020.

Berikut ini cara cek penerima BSU subsidi gaji guru honorer di Info GTK 2020 login di laman info.gtk.kemdikbud.go.id:

1. Login ke: info.gtk.kemdikbud.go.id.

2. Klik 'Login Langsung ke GTK'

3. Pastikan menggunakan email yang aktif

4. Masukkan Account dan password PTK pada Dapodik

5. Setelah berhasil login, muncul informasi yang tertera nama bank penyalur maka Anda dinyatakan lolos sebagai penerima BSU.

Sebagai catatan, untuk membuka Info GTK 2020, pastikan pula menggunakan account yang sudah diverifikasi.

Setelah dinyatakan lolos persyaratan menjadi penerima BSU Kemendikbud, guru honorer diimbau segera melakukan pencairan di bank penyalur dengan membawa beberapa berkas dokumen.

Berikut ini dokumen yang harus dibawa saat melakukan pencairan BSU Kemendikbud di bank, di anataranya:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP);

2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada, kalau tidak ada masih bisa menerima;

3. Surat Keputusan Penerima BSU yang dapat diunduh dari website GTK dan PDDikti; dan

4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang dapat diunduh dari website GTK dan PDDikti, diberi materai, dan ditandatangani.

Setelah semua persyaratan lengkap, guru honorer dapat mendatangi bank penyalur dan melakukan aktivasi rekening dan dapat langsung menerima BSU Kemendikbud tersebut.

Dilansir dari Sekretariat Kabinet, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan, bahwa program Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi Pendidik dan Tenaga Pendidikan (PTK) non-PNS di Lingkungan Kemendikbud Tahun 2020, untuk membantu para ujung tombak pendidikan tersebut yang terdampak akibat adanya pandemi COVID-19.

Bantuan diberikan kepada sekitar 2 juta penerima dengan besaran bantuan yang diberikan adalah Rp1,8 juta untuk masing-masing penerima.

“Salah satu hal kenapa pemerintah melakukan bantuan subsidi upah adalah untuk membantu ujung tombak pendidikan kita di berbagai macam sekolah kita yang sudah berjasa untuk membantu pendidikan anak-anak kita, tapi mungkin di situasi seperti pandemi ini ada berbagai macam gejolak, bukan saja di bidang pembelajaran tetap juga bidang ekonomi,” ujar Nadiem.

Berkut ini persyaratan bagi PTK atau guru honorer untuk menerima BSU Kemendikbud, yaitu:

1. Warga Negara Indonesia (WNI);

2. Berstatus bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS);

3. Memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta per bulan;

4. Tidak menerima Bantuan Subsidi Upah/Gaji dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker); dan

5. Tidak menerima Kartu Prakerja sampai dengan tanggal 1 Oktober 2020.

Nadiem menjelaskan, alasan bantuan tidak diberikan kepada penerima BSU dari Kemnaker dan Kartu Prakerja, agar bantuan sosial yang diberikan pemerintah tersebut adil dan tidak tumpang-tindih.

“Tidak ada individu yang menerima bantuan berlimpah sehingga yang lain tidak mendapatkan. Ini merupakan suatu kriteria kami yang sangat sederhana sehingga semua bisa menerima dengan cepat dan efisien,” tutur Nadiem.***

loading...

Belum ada Komentar untuk "Cek Penerima BSU Kemdikbud di info.gtk.kemdikbud.go.id, Berikut Cara Pencairan BLT Guru Honorer"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel