Bantuan Tunai Kemendikbud Rp1 Juta untuk Pelajar dan Mahasiswa, Begini Cara Ceknya Tanpa Mendaftar

Ruangguru.my.id_Dalam rangka melaksanakan amanat UUD 1945 untuk mencerdaskan bangsa, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagikan dana bantuan tunai.


Dana bantuan tersebut akan diberikan kepada para pelajar dan mahasiswa yang saat ini tengah berusia 6 hingga 21 tahun, serta berasal dari keluarga miskin dan rentan miskin.

Dalam hal ini, Kemendikbud juga bekerja sama dengan dua kementerian lain, yaitu Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Sosial (Kemensos).

Pelajar tidak perlu mendaftar untuk mendapat bantuan ini.

Pasalnya, bantuan ini merupakan realisasi Program Indonesia Pintar (PIP) melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Adapun besaran dana bantuan yang diberikan yakni Rp450.000 per tahun untuk pelajar tingkat SD/MI/Paket A.Untuk pelajar tingkat SMP/MTS/Paket B, dana yang diberikan adalah sebesar Rp750.000 per tahunnya.

Sementara untuk pelajar tingkat SMA/SMK/MAN/Paket C, dana yang diberikan adalah sebesar Rp1 juta per tahun.

Dana tersebut dapat digunakan untuk keperluan sekolah seperti membeli seragam, buku, dan alat tulis.Lalu, bagaimana cara cek daftar penerima?

Pertama, masuk ke la,am pip.kemdikbud.go.id dan klik 'Cek Penerima'.

Selanjutnya, masukkan NISN Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung siswa.Setelah memasukkan data yang dibutuhkan, klik 'Cek Data'.

Kemudian akan muncul nama anak, nama sekolah, alamat tempat tinggal, dan bank penyalur.

Sementara untuk Mahasiswa, silahkan periksa di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Sumber : rakyat.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

loading...

Belum ada Komentar untuk "Bantuan Tunai Kemendikbud Rp1 Juta untuk Pelajar dan Mahasiswa, Begini Cara Ceknya Tanpa Mendaftar"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel