PNS Ternyata Diperbolehkan untuk Poligami, Simak Aturannya agar Tidak Terkena Sanksi!

Ruangguru.my.id_Profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS), kini banyak diminati sebagai profesi yang diidam-idamkan.

Bagaimana tidak, dengan berprofesi sebagai PNS, seorang individu akan mendapatkan jaminan kestabilan penghasilan.


Bahkan, salah satu hal yang menggiurkan ketika berprofesi menjadi PNS adalah, adanya jaminan uang pensiun setiap bulan yang rutin serta jumlahnya cukup menggiurkan, terutama bagi para PNS dengan golongan yang tinggi.

Namun, karena PNS merupakan abdi negara, jelas saja kehidupan PNS pun diatur juga secara apik di dalam hukum, yang mana hukum atau aturan tersebut dikeluarkan oleh pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Seperti halnya PP Nomor 10 Tahun 1983 Jo. PP Nomor 45 Tahun 1990 yang mengatur tentang perizinan perkawinan dan perceraian bagi PNS.

Bahkan, peraturan tersebut juga memuat hukuman disiplin bagi PNS yang melanggar ketentuan tersebut.

Menariknya, ternyata PNS diperbolehkan untuk melakukan poligami. Hal tersebut diatur dalam PP Nomor 10 Tahun 1983 Jo. PP Nomor 45 Tahun 1990 Pasal 4. “PNS Pria yang akan beristri lebih dari seorang, wajib memperoleh izin dahulu dari Pejabat,” bunyi Pasal 4 PP Nomor 10 Tahun 1983 Jo. PP Nomor 45 Tahun 1990.

Berbeda dengan PNS pria, PNS wanita justru dilarang untuk melakukan hal tersebut. Bahkan secara tegas, jika seorang PNS perempuan melakukan poliandri terancam dijatuhi hukuman pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS.

Berdasarkan hal-hal tersebut, dapat ditegaskan bahwa dengan dicabutnya PP Nomor 30 Tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin PNS dan berlakunya PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, maka PNS yang melanggar PP Nomor 10 tahun 1983 Jo PP Nomor 45 Tahun 1990 dijatuhi salah satu jenis hukuman tingkat berat berdasarkan PP Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Bagi PNS wanita yang menjadi istri kedua/ketiga/keempat dijatuhi hukuman disiplin berupa pemberhentian tidak hormat sebagai PNS.

Sumber : rakyat.com

Demikian berita dan informasi terkini yang dapat kami sampaikan. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.

loading...

Belum ada Komentar untuk "PNS Ternyata Diperbolehkan untuk Poligami, Simak Aturannya agar Tidak Terkena Sanksi!"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel